October 12, 2009

Bahaya Sebuah Senyuman

smileHal yang melatar belakangi saya untuk posting tentang hal ini adalah untuk menanggapi beberapa permintaan teman untuk melakukan "Smile atau $mile" di shoutbox saya belakangan ini. Istilah "Smile" mungkin sudah tidak asing bagi para penggiat Adsense, baik Google Adsense, KumpulBlogger, Adsense Camps dsb. Smile adalah suatu kode atau istilah yang mereka gunakan untuk meminta kepada rekan (pemilik blog lain) untuk berkunjung ke blognya dan melakukan klik pada iklan-iklan yang terpasang disana.

Apakah itu aman?

Itulah yang ingin saya utarakan disini. Jika anda bertanya kepada saya apakah itu aman? Tegas saya jawab; Itu tidak aman. Senyuman yang anda minta atau bahkan senyuman yang tidak anda minta, apalagi itu direferensikan shoutbox anda, anda siap-siap saja menerima bahaya sebuah senyuman :)))

Kenapa bisa begitu?

Maaf,bukan bermaksud mengajari. Saya yakin para pelaku Smile sadar betul resiko apa yang mereka dapatkan nantinya dengan aksi saling senyum itu. Setahu saya, Google dengan program Google adsensenya, melarang keras untuk permintaan klik iklan di blog publishernya dalam bentuk apapun. Google menghendaki, para pengunjung datang dan mengklik iklan berdasarkan keinginan atau kebutuhan yang alami, bukan klik yang direkayasa. Dengan berbagai cara, Google pun ingin memberikan suatu perlindungan yang terbaik bagi pihak peng-iklan. Salah satunya adalah Google mengecek semua klik iklan itu datang dari mana, apa yang membawa anda datang ke situs/blog tersebut sehingga anda sampai mengklik iklan-iklan yang ada disitu, berapa kali IP address anda melakukan klik iklan, dan di situlah Google menerapkan logika mengenai klik alami dan klik rekayasa. Untuk referensi dari mana anda datang ke suatu blog, mungkin cara kerjanya sama dengan "Sitemeter", dan untuk IP address detector cara kerjanya sama dengan "Rapidshare" yang hanya mengizinkan 1 line download untuk 1 IP address (free user). Tapi hal ini bukan berarti Google adsense menerapkan batas maximal klik iklan hanya 1 kali, tergantung, jika banyak klik dan Google menganggap itu alami, tidak masalah. Namun, jika sedikit klik dan Google curiga, itu yang akan jadi masalah bagi anda.

Saran saya, hindari "Smile" atau segala bentuk permintaan klik iklan. Dan 1 lagi yang terpenting, usahakan, jika ada orang yang mengklik iklan anda, sebaiknya jangan datang dari shoutbox. Google lebih suka dengan klik yang datang berdasarkan referensi Google sendiri dengan search engine-nya. Maka dari itu, untuk mendapat klik yang banyak, perbanyaklah pengunjung berdasar referensi Google search engine (SEO). Saya yakin, insya Allah account adsense anda aman dari Banned.

Kenapa saya bisa menulis tentang hal ini, bukannya saya jago atau hebat. Juatru karena pengalaman pahit. 4 account Google adsense saya di banned (dengan nama & alamat masing-masing account berbeda), dengan hanya mendapat 2x pembayaran. Semoga hal itu tidak terjadi dengan anda.

Note: Jika anda ingin meninggalkan komentar, semua komentar menunggu persetujuan saya. Karena ada beberapa pelaku spamming yang memborbardir setiap postingan blog ini. Dalam hal ini, saya akan bertindak se-obyektif mungkin. Jangan takut untuk berkomentar, karena dengan anda meninggalkan komentar sudah merupakan salah 1 backlink ke blog anda (blog ini do-follow).

15 comments:

ndafender said...

YA MEMEANG BEGITU BAHAYA SENYUMAN ITU YA

Rumah Ide dan Cerita said...

Makasih ya info dan berbagi pengalamannya. Btw apa adsanse itu penghasilanya lumayan (maklum masih baru). Mampir ya ke rumahku.

Erik said...

Tks ya sharingnya.

Saya juga setuju, untuk masalah klik ads, sebaiknya pegunjung datang dari mesin gugel.

roomen said...

wah klo gitu ganti kode aja,, jgn "smile" hahahaha... ganti gosok aja

no name said...

wah..............memang benar sih tuh mbak.....soalnya accountku yg lain pernah ke banned juga..........have a nice day lah...........THX FOR THIS

cah ndeso said...

widuh...gretong yak ? Bru tau nih. Btw ... :D thanks atas inpo2nya. Semangaaaatt. mPISSSS dah

The Green Planet said...

Iya kira2 begitu... trimaksih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar :)

Heryrhey said...

sama mas gara2 smile 4 blogku jg di banned dari adsense.

Wisata Riau said...

klu senyum ya jgn nampak gigi,,,,
klu nampak gigi itu yg bahaya...
hhehhe...

TUTORIAL WEBSITE said...

Saya malah sedang berusaha meningkatkan direct visitors, bukan dari Google. tp susah juga membuat org jadi loyal..

mengenai GA, saya sendiri dah gak mencoba lagi..sepertinya masih sulit menggunakannya

Enno_Men said...

trims atas saran anda di posting ini...

writer-info said...

waduh banyak yang kena ban neh oleh eyang google.saya bru aja d approve account saya. sdh dpt 0,7 dolar sehari. saya klik pake proxi luar kira2 aman gak yah.

MasEDI Belajar NgeBlog said...

really not safe...

sebaiknya main aman saja ya dr pd ntar akun qta diban

makasih infonya n salam kenal :)

Anis Fuad said...

saya sudah lama tidak kasih senyuman sama putty.. apa kabar?

aan said...

waduh.. baru tau saya kalo ada yang seperti itu..

terima kasih atas sharingnya