April 23, 2009

SAVE THE EARTH FOR OUR FUTURE

Earth dayTHE EARTH DAY... Meski baru sempat posting tentang hari Bumi, namun itu lebih baik dari pada tidak sama sekali. Ngomong-ngomong apa kira-kira yang sudah kita berikan untuk Bumi selain kotoran?

Banyak hal yang ironi saat kita berbicara mengenai Bumi. Bumi diciptakan untuk manusia dengan segala fasilitasnya, namun begitulah manusia. Makhluk yang paling tidak bisa menjaga rumahnya adalah manusia. Kita diberi kemampuan untuk berpikir dan menimbang sesuatu, namun pada kenyataannya, ide itu selalu pincang dan Gaia-lah yang selalu jadi korban. Pembangunan digalakkan dimana-mana, namun apa yang sudah kita berikan untuk Bumi sebagai penopang "buah karya" kita? Beton? Sampah? Bukan itu, bumi layak mendapat yang lebih baik dari itu. Tidak hanya Bumi, namun namun semua yang ada di atasnya, termasuk binatang, air, udara, dan juga moral...

Ada sebuah catatan kecil, setahun lalu, namun belum terurus hingga sekarang.

Bumi-hijau pada awalnya hanya merupakan suatu impian dan ide pribadi yang kemudian berubah menjadi aksi sosial independen yang meliputi kampanye, wadah opini, dan pengumpulan data riset maupun dokumentasi sederhana tentang lingkungan hidup yang menghendaki kelestarian alam secara universal untuk generasi kita di masa yang akan datang yang kemudian dikemas menjadi sebuah website bernama www.bumi-hijau.com. Melalui website ini kami berupaya mengajak dan memperkenalkan kepada masyarakat indonesia pada khususnya untuk tetap menjaga dan melestarikan lingkungan baik hayati maupun non-hayati, baik di bumi nusantara maupun di seluruh belahan dunia. Selain berkomitmen menyerukan kampanye lingkungan hidup, kami juga menyediakan konten menu yang akan menambah pengetahuan anda. Kami terus berupaya mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan visi dan misi kami, oleh karena itu kami mengharap peran serta aktif anda dalam upaya pengembangan website ini dengan memberikan opini ataupun data-data yang kami perlukan.

Global warming adalah masalah bersama dengan penyebab yang paralel-kompleks sebagai salah satu pemicu munculnya ide tentang bumi-hijau ini. Masalah yang sedang hangat dibicarakan di seluruh dunia inilah yang memberi inspirasi kepada kami untuk ikut berperan aktif mengkampanyekan kelestarian lingkungan hidup yang konservatif untuk generasi kita di masa yang akan datang.
Banyak hal yang harus dilakukan untuk setidaknya mengurangi pemanasan suhu bumi secara global ini yang akan berakibat sangat buruk bagi kelangsungan kehidupan manusia dan juga habitat lainnya. Maka dari itu kami mengajak semua individu atau kelompok untuk lebih mengenal keadaan alam pada saat ini dan berjuang bersama untuk melakukan aksi penyelamatan itu.
Lakukanlah beberapa hal kecil yang anda yakini sudah baik untuk menyelamatkan bumi hijau kita, misalnya menanam pohon dan merawatnya atau dengan melakukan hal yang lebih besar seperti aktif menentang aksi ekploitasi sumber daya alam hayati (hutan).


Ayo kita selamatkan Bumi kita... SAVE THE EARTH FOR OUR FUTURE...

No comments: